MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN
Manusia dengan akalnya telah dapat menunjukkan
kelebihan anugerah Tuhan itu dengan kemampuannya menciptakan berbagai macam
sarana yang dapat digunakan untuk menguasai, memanfaatkan, dan mengembangkan
lingkungan untuk kemajuan dan kesejahteraan hidupnya. Salah satu usaha manusia
untuk memajukan kesejahteraan dan meningkatkan status sosial dalam hidupnya
yaitu pendidikan.
Pendidikan merupakan salah satu usaha manusia untuk
meningkatkan peradaban, mengembangkan kepribadian terutama perubahan sikap,
tingkah laku dan prestasi. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang sesuai
dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) diperlukan
satu kemampuan yang profesional baik dalam pengalaman, penalaran maupun penguasaan
ilmu melalui penelitian ilmiah. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan
teknologi diharapkan juga dapat dikembangkan dan diaplikasikan di dunia
pendidikan. Penggunaan teknologi multimedia
sangatlah penting dalam pendidikan.
Multimedia dalam pendidikan sering juga disebut
sebagai multimedia pembelajaran, multimedia interaktif, media pembelajaran,
multimedia pembelajaran interktif, dan yang paling populer adalah media
pembelajaran interktif. Dengan penggunaan multimedia ini diharapkan peserta
didik dapat dengan mudah memahami konsep dalam pembelajaran yang bersifat
abstrak. Tapi perlu di ingat bahwa multimedia merupakan salah satu alat batu
dalam proses pemebelajaran di mana peran guru tidak bisa di gantikan oleh multi
media. Peran guru tetap di butuhkan, namun fungsinya sebagai fasilitator dan
motivator untuk siswa.
Saat ini multimedia sudah semakin marak digunakan
sebagai media bahan ajar yang mendukung guru dalam menyampaikan pesan kepada
siswa. sebenarnya dalam pendidikan, multimedia sudah lama digunakan, sebelum
adanya pengenalan komputer di sekolah. Pada masa itu kebanyakan multimedia yang
digunakan adalah multimedia berupa pita kaset, televisi, proyektor slide, dan
proyektor film. Namun, semakin lama komputer mengambil alih peranan yang
dimainkan oleh alat-alat tersebut. Dengan segala kemudahan yang ada dalam
fasilitas komputer, kini orang dapat membuat multimedia dengan menggabungkan
teks, grafik, audio, video dan animasi dalam satu kemasan multimedia.
Ada 3 tipe pemanfaatan multimedia pembelajaran.
Pertama, multimedia digunakan sebagai salah satu unsur
pembelajaran di kelas. Dengan demikian seorang guru dituntut dapat memberikan
materi baik berupa pengajaran maupun latihan-latihan berdasarkan media teks
yaitu buku yang dapat digunakan sebagai acuan.
Kedua, multimedia digunakan sebagai materi
pembelajaran mandiri. Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk
latihan, feedback dan tes yang mendukung tujuan pembelajaran disediakan di
dalam paket.
Ketiga, multimedia digunakan sebagai media satu-satunya
di dalam pembelajaran. Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang
mendukung tujuan pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini.
Kelebihan penggunaan multimedia dalam pendidikan
yaitu:
- Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif . Pengajar akan selalu dituntut untuk kreatif inovatif dalam mencari terobosan pembelajaran.
- Mampu mengabungkan antara text, gambar, audio ,musik, animasi gambar atau vidio dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan pembelajaran.
- Mampu menimbulkan rasa senang selama proses proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini akan menambah motivasi siswa selama proses proses belajar mengajar hingga didapatkan tujuan pembelajaran yang maksimal.
- Mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit untuk diterangkan hanya sekedar dengan penjelasan atau alat peraga yang konvensional.
- Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel.
- Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. Banyak hal positif yang kita dapat dari perkembangan multimedia, postingan yang saya buat pun merupakan salah satu bentuk pemanfaatan multimedia.
Arief S Sadiman, dkk. 2002. Media
Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Latuheru, John D.1988.Media
Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.Jakarta:Depdikbud &P2
LPTK
Setyosari, Punaji, Sihkabuden.
2005. Media Pembelajaran. Malang : Elang PresS
http://ilmukomputer.org/2008/01/26/multimedia-instructional-design-pengantar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar