KEMBALI PADA TUGAS

Jumat, 22 Maret 2013

KONSEP DASAR MULTIMEDIA



KONSEP DASAR MULTIMEDIA

Elemen-elemen mendasar yang diperlukan dari suatu multimedia adalah sebagai berikut:
1. Objek-objek
            Objek dibedakan menjadi dua buah bagian yaitu objek media diskrit (elemen tunggal) dan objek media kontinyu (elemen tunggal yang disusun berdasarkan oleh waktu). Yang termasuk kedalam bagian media diskrit adalah icon, grafik, citra, dan teks, sedangkan yang termasuk kedalam media kontinyu adalah gambar-gambar video (audio+video).
Dari perbedaan kedua objek tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
·         Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
·         Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
·         Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara. Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
·         WAVE
Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
·         MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.

·         Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan
emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
·         Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
 Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering. Menurut [Foley1997, p1057]


2. Layout Spasial
            Elemen yang satu ini memiliki beberapa 3 bagian yaitu sebagai berikut:
·      Absolut
Absolut memiliki koordinat yang relatif sama dengan aslinya atau pada umumnya. Contohnya adalah aplikasi windows.
·      Relasi Berarah
Relasi berarah adalah menentukan susunan dalam ruang. Contohnya adalah peta-peta perjalanan.
·      Relasi topologi
Posisi elemen terhadap elemen-elemen lainnya.
·      Alur Teks
Alur berdimensi satu, yang ditunjukkan dengan area berdimensi dua.


3. Dimensi Temporer
            Dalam dimensi temporer ini terdapat dua elemen yang menunjang multimedia yaitu model temporer dan animasi. Model temporer dibedakan dengan terbatas atau tidak terbatasnya suatu multimedia oleh waktu, dimensi temporer juga merelasi pararel dan sekuansial misalnya adalah dalam dua video dimulai secara bersamaan atau satu video dimulai setelah yang pertama selesai. Animasi adalah gabungan antara dimensi temporer dan layout spasial (posisi suatu objek berubah sesuai dengan waktunya).
4. Interaksi pemakai
            Dalam interaksi pemakai terdapat tingkatan interaksi pemakai dan model interaksinya
·      Tingkatan interaksi pemakai
Ada beberapa tingkatan interaksi pemakai yaitu pasif (hanya visualisasi), reaktif (interaksi terbatas), proaktif (melalui jalur atau penyeleksian) dan reciprocal (informasi pembuatan pada pemakai).
·      Model Interaksi
Terdapat tiga buah model interaksi dalam sebuah interaksi pemakai,tiga buah model interaksi tersebut adalah navigasi (memilih jalur yang diinginkan oleh seorang pemakai), perancangan (pemakai dapat memodifikasi gaya visual dari presentasi), dan bioskop (pemakai dapat mengontrol waktu keseluruhan).
5. Logika Aplikasi
·      Presentasi multimedia tardisional tidak memerlukan logika aplikasi
·      Sistem interaktif real-time.
·      Logika aplikasi membutuhkan bahasa pemrograman.
Suatu sistem multimedia memiliki empat karakteristik dasar yang diungkapkan oleh seorang ahli bernama marshall (2001), ke-empat karakteristik dasar tersebut adalah sebagai berikut:
1. Multimedia merupakan sistem yang dikontrol oleh suatu komputer,
2. Multimedia merupakan sebuah sistem yang terintegrasi,
3. Informasi yang ditangani direpresentasikan secara digital, dan
4. antar muka pada media tampilan akhir biasanya bersifat interaktif.

[Vaugh1993,3]   Vaughan, Tay,”Multimedia: Making It Work”,Osborne,McGraw-Hill, Berkeley:1993.    
Binanto, Iwan, Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta, 2010.

2 komentar:

  1. makasih gan infonya,akhirnya dapet informasi yg aku butuh,ditunggu next post nya.visit my site too
    ST3 Telkom
    and follow my social media instagram please :
    Jalin Atma

    BalasHapus